Friday, 15 January 2010

Ketika Kita Terjebak Akismet dan Apa yang Akan Kita Lakukan...

Siapa sih yang pengin terjebak Akismet atau Spam Karma, pasti gak ada yang mau karena terjebak Akismet dan atau Spam Karma akan membuat kita sebel, jika setiap kali komen di blog, selalu muncul “komentar Anda sedang menunggu moderasi“. Jika itu terjadi di hampir semua blog yang Anda kunjungi, berarti Anda terjebak Akismet, atau dianggap SPAM oleh Akismet. Nah, karena kemarin saya juga pernah mengalami ketangkep Akismet. Maka saya akan share kepada Anda agar tidak terjadi pada Anda (cukup saya saja yang mengalami 'kelinci percobaan' terjebak Aksimet).

Sebetulnya, tidak ada sumber resmi yang menyebutkan bagaimana sebuah komentar masuk Akismet SPAM, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Dalam situsnya, Akismet hanya mengatakan “runs hundreds of tests on the comment and returns a thumbs up or thumbs down“, kurang lebih begini Akismet menggunakan ratusan tes untuk mengkategorikan sebuah komentar SPAM atau bukan. Komentar yang dikategorikan SPAM akan masuk blacklist Akismet. Kalau yang pernah saya alami, yang diblack-list adalah URL (alamat blog atau website) dan email saya, jadi setiap kali komentar dengan menyertakan email dan URL salah satu blog saya, komentar saya dikategorikan SPAM oleh Akismet. kalau IP Address juga bisa kena black-list Akismet. Apa ada pembaca yang pernah mengalaminya? Sharing ya >>> di Komentar!

Penyebab kena atau terjebak Akismet 
Penyebabnya adalah terlalu sering mengirim komentar. Kemarin, saya buka 20 blog sekaligus dalam satu browser. Kemudian saya komen di 20 blog tersebut dalam waktu kurang dari 10 menit. Apa sih susahnya memberi komentar, ngetik kan cuma butuh waktu 30 detik bahkan 15 detik? Tetapi ternyata hal itu berakibat fatal, karena memberikan komen yang terlalu sering akan dikategorikan sebagai SPAM. Komentar yang menyertakan link akan dianggap SPAM, ini saya alami di blog saya, komentar yang didalamnya terdapat link (maksudnya numpang promosi atau numpang tenar) akan masuk moderasi atau Akismet SPAM. 
Biasanya pembaca yang mengalaminya akan mengirimkan komentar kedua yang di dalamnya tidak terdapat link. Solusinya… 
Mengutip pernyataan Akismet : 
“In the unlikely event something gets incorrectly identified as spam you can correct it and it submits the ‘false positive’ back to Akismet for analysis and improvement of our system”. 
Ini dapat disimpulkan bahwa sistem Akismet dapat diperbaiki dengan adanya ‘false positif’ atau sebuah komentar yang tadinya dianggap SPAM oleh Akismet, kemudian direcover oleh admin blog tersebut… 
Jadi, kalau boleh saya memberikan usulan buat yang kejebak Akismet, komentarlah di blog yang pemiliknya masih aktif (lihat tanggal posting terakhir), komentar jangan berupa iklan agar di pemilik blog merecover komentar Anda. Nah dengan recover itu, maka nama baik Anda akan dikembalikan oleh Akismet. Kalau saya perkirakan, butuh sekitar 20 komentar Anda di-recover, tetapi ingat, jangan terlalu sering ngasih komentar. Anda juga bisa menghubungi pemilik blog via email atau komentar di blog agar komentarnya di-recover.
Mari berKomentar,  sharing pengalamannya tentang Akismet ya? Thanks.

1 comment:

  1. "Kemarin, saya buka 20 blog sekaligus dalam satu browser. Kemudian saya komen di 20 blog tersebut dalam waktu kurang dari 10 menit. Apa sih susahnya memberi komentar, ngetik kan cuma butuh waktu 30 detik bahkan 15 detik?"

    kalau 20 blog = 10 menit, berarti 1 blog 1/2 menit. jika ngetik komen 15-30 detik, pertanyaannya, "Apakah postingan memang sungguh2 dibaca sebelum memberi komen?"

    atau sekedar asal komen setelah fast reading?

    ReplyDelete

Tulisan Terkait:

There was an error in this gadget