Sunday 10 January 2010

Apa Itu SEO dan Seberapa Pentingkah?

Sebelum saya memposting lebih jauh tentang SEO dan menjadi Pakar SEO, alangkah baiknya saya mengulas apa itu SEO dan seberapa pentingkah SEO di mata anda? Kita harus tahu dulu mengenai arti dari SEO itu sendiri. Ketika anda mulai surfing di blogosphere, perlahan² berbagai kosakata baru yang sama sekali asing dan baru pertama kali anda dengar akan mulai masuk ke perbendaharaan kata anda. Salah satu kata paling “sakti” di blogosphere adalah SEO atau Search Engine optimization.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?
Berdasarkan wikipedia.org, SEO adalah proses pengoptimasian jumlah traffic ke website melalu hasil pencarian search engine. SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. 
Tujuan dari SEO (Search Engine Optimization) adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi. Algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO (Search Engine Optimization) selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. 
Lalu, bagaimana proses SEO itu sendiri. Secara garis besar ada dua hal dalam melakukan Optimasi SEO di mesin pencari, yaitu optimalisasi SE on page dan optimalisasi SE off page. Sedangkan teknik yang digunakanpun bermacam-macam. Contohnya teknik pengoptimalan kata kunci, judul, deskripsi, konten, serta ada tidaknya referensi dari web atau blog yang menuju ke situs kita ( Backlink ). Dari contoh teknik SEO tersebut, yang paling di benci oleh mesin pencari seperti Google adalah teknik black hat SEO.

Mengapa SEO Menjadi Penting?
Seperti yang sudah saya utarakan tadi, mayoritas pengguna internet masih menggunakan pola yang sama dengan yang saya utarakan di atas: Melakukan pencarian melalui search engine sebagai awal mula penjelajahan data di ranah internet lalu mulai menyusuri link demi link menuju website yang ditunjukan oleh halaman hasil pencarian (SERP – Search Engine Result Page). Fenomena budaya penggunaan search engine ini menciptakan satu realitas tidak yang tidak dapat dipungkiri bahwa muncul di halaman pertama untuk kata kunci yang sering dicari sama dengan traffic yang berlimpah. 
Sekedar berbagi pengalaman, saya di bloggingly pun sempat merasakan efek dari hal ini. Satu halaman di bloggingly yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google untuk satu kata kunci yang sedang tengah “hot” atau tengah dicari banyak orang membuat traffic kami melonjak hingga mencapai 1000 unique visitors per hari. Sampai-sampai pihak hosting meminta kami menginstall plugin wp-super-cache. Hihi :P

Mau Belajar Lebih Dalam Mengenai SEO?
Well, saya juga masih sangat hijau di bidang ini. Namun saya sarankan jika berminat untuk belajar lebih spesifiknya, silahkan langsung mengakses petuah-petuah dari mereka yang memang sangat memahami seluk beluk SEO. Ada 25 blog tentang SEO terbaik yang di listing oleh DailyBlogTips. Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamik karena aturan berubah dari waktu ke waktu, dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak. SEO menjadi sebuah cabang ilmu sendiri diluar dalam webdeveloping di luar webdesign, web proggramming, dst. Begitu pentingnya SEO sehingga tidak heran saat ini layanan SEO sebuah website bisa jadi lebih tinggi dari jasa webdesign. 
Berbicara SEO sangat luas kalo jaman dulu kita tinggal submit ke 3 besar search engine sekarang tidak cukup dengan itu saja. Tehnik SEO sungguh sangat banyak dan beragam bahkan setiap ahli (master) SEO mempunyai tehnik tersendiri yang biasanya ia rahasiakan disamping itu setiap CMS mempunyai "caranya sendiri" untuk dapat dioptimasi.  
Bagaimana pendapat anda mengenai SEO? Apakah anda memiliki pandangan atau referensi lain mengenai SEO? Anda dapat mendiskusikan di form komentar di bawah ini??

0 comments:

Post a Comment

Tulisan Terkait: