Tuesday, 5 January 2010

Mencari Keinginan Google

Begitu banyak artikel tentang SEO dan beberapa di antara saling berlawanan. Bagi seorang pemula tentunya hal ini akan menjadikan kita semakin bingung dalam belajar SEO dan Internet Marketing. 
Sebenarnya cara yang mana yang benar dan berhasil mengoptimasi situs Anda di search engine. 
Perlu diingat di sini bahwa Google memiliki sekitar 200an parameter untuk memposisikan situs Anda di search engine-nya. Tapi tidak ada seorang pun yang tau secara detail keseluruh parameter ini kecuali tim Google itu sendiri.
Namun jika parameter itu sendiri ada 200 maka cara anda memposisikan situs anda pun akan ada banyak cara. Bayangkan jika seorang guru memberikan 200 faktor kelulusan Anda. Dan setiap anda melakukan sesuatu yang baik pada salah satu faktor maka guru Anda akan memberikan sebuah bintang pada faktor tersebut. Semakin banyak Anda mendapatkan bintang maka semakin baik untuk kelulusan Anda. 
Karena tidak ada seorang pun yang tau bagaimana algoritma Google bekerja, maka setiap orang harus memonitor setiap tindakannya dan melihat apakah hal tersebut memberikan efek yang positif bagi situsnya. Selalu memonitor adalah kuncinya karena algoritma Google bisa berubah. Kita tidak bisa mengatakan bahwa teknik kita sekarang akan selalu berhasil di kemudian hari. Jumlah bintang yang Anda dapatkan akan menentukan posisi Anda di search engine. Contoh jika Anda memiliki sebuah content yang sangat lengkap dan menggunakan keyword dengan benar. 
Aturan SEO lain juga sudah terpenuhi seperti keyword pada gambar dan link. Namun ternyata Anda tidak memiliki atau sedikit backlink ke halaman Anda. Kemudian ada situs lain yang memiliki content yang sama keywordnya dengan halaman Anda, perbedaannya contentnya sangat singkat namun memiliki banyak backlink ke content tersebut. Kedua-duanya akan mendapatkan posisi yang baik di Search Engine Result Page (SERP). Kedua-duanya akan berdebat bahwa caranya lah yang benar. Kenyataannya adalah kedua-duanya mendapatkan bintang pada salah satu parameter Google. 
Namun coba pikirkan bahwa Google berkeinginan untuk memberikan hasil yang paling relevan bagi pengguna internet. Untuk itu anda harus membuktikan kepada Google bahwa content lebih relevan terhadap keyword yang dicari. Untuk itu ada sebuah teknik yang disebut reverse engineering yaitu mengunjungi situs yang memiliki rangking lebih baik dari situs Anda. Kemudian cari bagian-bagian dari situs tersebut yang mendapat bintang oleh Google, terapkan pada situs Anda dan kalau bisa dikembangkan sehingga posisi Anda akan lebih baik. 
Jika mereka memiliki content yang bagus, maka tulislah content yang bagus di situs Anda. Jika mereka memiliki lebih banyak backlink ke situsnya maka carilah backlink sebanyak-banyaknya, termasuk backlink berkualitas. Teknik ini tidak bekerja secara instan atau cepat, perlu waktu dan konsisten dalam menjalankannya. Niscaya Anda akan berhasil di SERP. 
Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

Tulisan Terkait:

There was an error in this gadget