Wednesday, 20 January 2010

Tentang SEO bagi Pelaku Bisnis Internet

Sebelum saya membahas lebih lanjut atau jauh tentang SEO atau Search Engine Optimization bagi Pelaku Bisnis Internet dan alangkah baiknya saya akan menjelaskan terlebih dahulu -tapi artikel ini merupakan pemahaman saya- tentang apa itu SEO atau Search Engine Optimization
Sebagai orang yang bergelut dengan internet marketing maka menguasai seluk beluk SEO akan banyak membantu anda mendatangkan pengunjung dan diharapkan dapat meningkat penjualan online anda.
Pertama perlu saya tekankan bahwa website tanpa pengunjung adalah tanpa guna. Bayangkan jika Anda memiliki sebuah produk yang menarik, kemudian Anda berpikir untuk memasarkannya di Internet.
Bagi pemula tentunya sering mendengar iming-iming dari pengguna internet bahwa internet adalah pasar yang sangat efektif untuk memasarkan produk Anda hingga seluruh dunia. Mungkin inilah gambaran umum pemula memasuki bisnis Internet :
  1. Setelah mendengar bahwa Internet sangat dahsyat karena mampu memasarkan produk Anda, maka dengan sedikit informasi Anda kemudian membeli domain dan hosting untuk website Anda. 
  2. Pertama-tama mereka mencoba untuk mendesign sendiri website tersebut. Coba-coba beli buku tentang html kemudian hasilnya diupload ke server. 
  3. Yang puas dengan hasil kerjanya akan melanjutkan menambahkan halaman produk baru tiap bulannya. Walaupun mungkin mereka tidak mengindahkan aturan dalam design web seperti navigasi yang mudah, kecepatan akses dan tampilan. 
  4. Yang tidak puas akan menyewa web developer untuk mendesign websitenya. Selesai kerja kemudian diupload. Saat ini program yang dibuat oleh web developer memungkinkan pemilik website untuk dengan mudah memasukkan data produk baru. Tampak menarik bukan. 
  5. Pemilik puas dengan designnya, kemudian berharap akan ada yang mengunjungi situs barunya dan melakukan pembelian. 
  6. Namun jauh dari harapan dalam satu bulan tidak ada email masuk sama sekali. Pemilik situs berpikir mungkin perlu waktu, kemudian ditunggu 2 bulan 3 bulan setahun, kok kunjungan ke situs kita sangat minim padahal produk yang kita jual sangatlah menarik. 
  7. Karena putus asa kebanyakan dari pemilik situs menutup situs tersebut pada tahun berikutnya. 
  8. Namun beberapa yang menyadari kesalahannya akan belajar tentang Internet Marketing. Hal di atas sering saya temukan pada beberapa teman saya yang mencoba masuk ke Internet untuk memasarkan produknya. Kesalahan terbesar disini adalah Anda tidak mempelajari Internet terlebih dahulu. 
Perilaku Pencari Informasi di Internet
Bagaimana cara mencari informasi di Internet, atau bagaimana cara memasarkan produk di Internet. Pengguna internet sebagian besar menemukan situs Anda adalah melalui search engine seperti google atau yahoo. Hanya sedikit yang menemukan situs Anda dengan cara lain seperti menemukan alamat website Anda di website orang lain, tercantum dalam kartu nama Anda atau secara tidak sengaja mengetikkan alamat website Anda di browser. Jadi jika Anda ingin agar website Anda dikenal, maka cara paling efektif adalah mengusahakan website Anda muncul di search engine. 

Bagaimana caranya? 
Anda bisa mendaftarkan alamat situs Anda di masing-masing search engine atau meletakkan link di salah satu website lain yang sudah terdaftar. Apakah selesai sampai disini? jawabannya tidak. Ada ratusan bahkan ribuan kompetitor yang menjual produk yang sama dengan Anda. Menurut statistik, 84 % pengguna search engine hanya membuka halaman 1 dan 2, yaitu urutan 1-20 besar untuk pasar tersebut. Jadi jika website Anda tidak berada dalam urutan 1-20 maka akan sangat kecil kemungkinannya website Anda akan dikunjungi. Untuk itu ada aturan dalam search engine yang memungkinkan perangkingan posisi website untuk suatu pasar. Pasar yang dimaksud disini adalah keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah kata atau kalimat yang digunakan seseorang untuk mencari sesuatu di Internet. Contoh : blackberry, jual rumah, dan sebagainya? 
Ada cara lain untuk bisa mendapatkan pengunjung dari search engine, yaitu menggunakan iklan berbayar. Artinya kita membayar sejumlah uang untuk memunculkan situs kita dihalaman iklannya. Mungkin Anda pernah mendengar tentang Google Adword dan Google Adsense. Iklan ini akan muncul di sebelah kanan halaman pencarian di Google atau di layanan Google seperti GMail, Google Calendar, Google Reader. Selain itu iklan Anda akan muncul di website lain yang menampilkan iklan Google ( ini yang disebut Google Adsense ). 

Kelebihannya apa? 
Tentunya Anda akan dengan mudah mendapatkan pengunjung, dan kekurangannya adalah tentunya Anda harus membayar sejumlah uang untuk iklan tersebut. Biasanya Anda akan di-charge setiap 1 kali klik terhadap iklan Anda, nilainya tergantung Anda, biasanya kisaran 0,5 USD ke atas. Namun menurut penelitian lain lagi, 64% pengguna search engine tidak pernah mengklik iklan tersebut. Mereka lebih tertarik dengan hasil pencarian atau sering disebut hasil organik. Dan Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk bisa tampil di hasil pencarian organik ini. Namun syaratnya Anda harus bisa menempatkan website Anda di urutan teratas hasil pencarian situs Anda. 
Untuk itulah maka SEO atau Search Engine Optimization digunakan. SEO digunakan untuk mengoptimasi website Anda sehingga website Anda berada di urutan teratas Google. 
SEO mempunyai 2 komponen penting yaitu keyword dan link atau tautan. Pemilihan keyword yang baik akan memudahkan Anda mencapai urutan teratas di Google. Dan link akan membantu menentukan popularitas website Anda. Tentunya masuk akal bukan jika banyak website lain yang mereferensikan website Anda kepada pengunjung website tersebut. Ini berarti website Anda populer di mata pengunjung Internet. Dalam belajar SEO maka dua hal di atas perlu Anda pelajari lebih mendalam. Bagaimana cara memilih keyword yang benar, bagaimana cara meletakkan keyword Anda di dalam content atau halaman website anda, bagaimana cara membuat navigasi yang baik di website anda sehingga pengguna bisa menemukan seluruh halaman di website anda, dan bagaimana cara membangun link sehingga link popularity website anda bagus. 
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang apa itu SEO, sehingga anda bisa menentukan langkah selanjutnya dan mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk dahsyat anda.

0 comments:

Post a Comment

Tulisan Terkait:

There was an error in this gadget