Thursday, 1 July 2010

Blogger Anonim dan Anonimitas

Apa sih anonim/anonimitas itu? Anonimitas adalah istilah yang merujuk kepada seseorang yang jati dirinya tidak diketahui. Pada intinya, anonim itu berarti tidak ingin diketahui identitas asli. Dalam dunia blogosphere, banyak blogger menjadi anonim adalah hal yang wajar. Yang akan saya bahas adalah blogger anonim. Bukan komentar anonim atau sejenisnya. Dan postingan ini merupakan serial dari Blogger Anonim setujukah Anda, yang saya post 3 hari lalu.
kenapa Blogger Anonim? Di blogosphere ini orang ingin menulis dan mengekspresikan sesuatu melalui tulisan tanpa diketahui jati dirinya. Hal ini membuat penulis lebih bebas mengekspresikan tulisannya tanpa tersandung oleh identitas asli. Misalnya, si penulis blog adalah artis kondang. Karena orang-orang tahu blog ini milik si artis kondang, maka orang-orang mengunjungi blog ini karena "status artis" tersebut, bukan karena tulisan-tulisannya.
Di blogosphere ini, tiap orang berhak untuk anonim. Namun ke-anonim-an tersebut jangan sampai disalahgunakan. Misalnya komen anonim untuk menjatuhkan atau untuk ad-hominem. Atau bahkan sekedar ngatain orang. Anonim yang begini yang kurang disukai. Namun kalau ber-anonim semata untuk menyembunyikan diri karena merasa tidak nyaman apabila identitasnya baik nama ataupun wajah diketahui publik, saya rasa ini wajar. Karena beberapa blogger memiliki tujuan ngeBlog yang berbeda² dan wajar apabila seorang pemilik blog memilih anonim. Oleh karena itu, demi menghargai mereka yang mau menulis, setidaknya biarkanlah mereka memilih untuk anonim. Jangan diusik ke-anonim-an mereka karena itu adalah sebuah keputusan. Hargai mereka yang memilih untuk anonim.
Apabila ternyata blogger tersebut anonim tapi mereka bisa mengkontribusikan informasi dan pengetahuan, kenapa tidak? Yang pasti, postingan ini saya persembahkan untuk mereka yang memilih jalan untuk anonim. Saya hargai ke-anonim-an kalian.
Walaupun beberapa dari kalian sudah saya ketahui jati dirinya.

1 comment:

  1. pernah bikin postingan yang serupa. tapi entah kenapa mereka yang anonim banyak yang sulit mempertahankan keanoniman mereka. tapi masih ada beberapa yg tetap memilih jalan sebagai anonim. :D

    ReplyDelete

Tulisan Terkait:

There was an error in this gadget