Wednesday, 30 June 2010

Blogger Anonim

Apakah Anda setuju dengan blogger anonim yakni blogger tanpa nama (anonym) atau pakai nama samaran (pseudonym)? Dan menjadi anonim adalah hal yang wajar. Yang akan saya bahas adalah blogger anonim.
Kenapa blogger anonim? Di blogosphere ini orang ingin menulis dan mengekspresikan sesuatu melalui tulisan tanpa diketahui jati dirinya. Hal ini membuat penulis lebih bebas mengekspresikan tulisannya tanpa tersandung oleh identitas asli. Misalnya, si penulis blog adalah artis kondang. Karena orang-orang tahu blog ini milik si artis kondang, maka orang-orang mengunjungi blog ini karena "status artis" tersebut, bukan karena tulisan-tulisannya.
Di blogosphere ini, tiap orang berhak untuk anonim. Namun ke-anonim-an tersebut jangan sampai disalahgunakan. Misalnya komen anonim untuk menjatuhkan atau untuk ad-hominem. Atau bahkan sekedar ngatain orang. Anonim yang begini yang kurang disukai. Namun kalau ber-anonim semata untuk menyembunyikan diri karena merasa tidak nyaman apabila identitasnya baik nama ataupun wajah diketahui publik, saya rasa ini wajar.
Kalau menurut saya pribadi sih kita harus berani menunjukkan minimal siapa kita. Hal ini selain untuk menghindari ungkapan 'pengecut', jika kita mengkritik atau membuat tidak nyaman suatu pihak, juga sebenarnya akan mendatangkan beberapa keuntungan, diantaranya:
  1. Dengan tidak anonim, maka orang akan tahu latar belakang anda, sehingga tulisan-tulisan anda bisa diterima pembaca dengan sudut pandang yang benar
  2. Dengan tidak anonim, maka orang akan tahu kompetensi anda, sehingga hal ini bisa digunakan sebagai semacam personal branding bagi kita. Sempat seorang blogger Indonesia diminta untuk menulis di sebuah media teknologi internasional karena tulisan-tulisannya dianggap cocok oleh pihak redaksi media tersebut.

Anonim sering membuat orang salah mempersepsikan suatu tulisan, sehingga dampaknya kadang-kadang juga membahayakan. Tidak harus semua tentang diri anda ditunjukkan dalam blog, namun minimal orang bisa mendapatkan gambaran tentang siapa diri anda, siapa pemilik blog ini, atau siapa yang menulis tulisan ini.
Lebih bagus jika itu dalam rangka personal branding, anda cantumkan CV anda. Jika niat kita baik, pasti tidak akan disalahgunakan oleh orang.
Kalau Anda ingin memberi jawaban secara umum silahkan langsung berkomentar. Tapi kalau ingin berkomentar secara komprehensif...

0 comments:

Post a Comment

Tulisan Terkait:

There was an error in this gadget